+ -

Pages

Kamis, 06 Februari 2014

Mengenal Toolbox Coreldraw

Mengenal Toolbox Coreldraw wajib dilakukan sebelum kita lebih jauh belajar desain koran dengan coreldraw. Toolbox pada coreldraw atau kotak perkakas berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat dan memodifikasi objek dan teks. Beberapa tool secara default terlihat pada toolbox (seperti pada gambar di samping). Tapi beberapa tool tidak harus di setting secara manual agar terlihat. Cara memunculkan tool yang tersembunyi, harus klik pada panah kecil yang ada dipojok kanan bawah tool yang terlihat. Dengan klik pada panah kecil tersebut akan memunculkan flyout yang berisi tool-tool yang tersembunyi. Flyout yang sudah terbuka akan menampilkan sekumpulan tool coreldraw yang berkaitan dengan toolbox yang dibuka. Panah kecil di bagian pojok kanan bawah setiap toolbox menandakan ada flyout pada tombol tersebut.

Gambar di samping adalah toolbox dari Coreldraw X4. Namun pada prinsipya seluruh toolbox pada semua versi coreldraw adalah sama.

Biar lebih jelas, kita akan mempelajarinya satu per satu dari masing-masing tool yang ada pada toolbox coreldraw.


Pick Tool; berfungsi untuk memilih atau menyeleksi dan mengatur ukuran, memiringkan, dan memutar objek.

Freehand Pick; berfungsi untuk memilih atau menyeleksi objek secara bebas.


Untuk tool-tol selanjutnya bisa dilihat pada postingan Mengenal Toolbox Coreldraw (Lanjutan).
5 Belajar Desain Koran: Mengenal Toolbox Coreldraw Mengenal Toolbox Coreldraw wajib dilakukan sebelum kita lebih jauh belajar desain koran dengan coreldraw . Toolbox pada coreldraw atau ko...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<